Skip to main content
Pencegahan dan Pemberdayaan MasyarakatArtikel

Kenali Ciri Pengguna Narkoba Pada Fisik Dan Perilaku

Dibaca: 1977 Oleh 08 Mar 2022Tidak ada komentar
Penyebab penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja dan Solusinya
#BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba

Penggunaan narkoba di seluruh dunia masih menjadi permasalahan yang sangat mengkhawatirkan. Meningkatnya angka pengguna penyalahgunaan narkoba, menunjukkan bahwa hal ini menjadi permasalahan yang sangat serius yang harus segera diatasi. Pengguna narkoba tidak memandang fisik, usia, maupun status sosial, seseorang dapat melakukan penyalahgunaan narkoba apabila ia memiliki banyak faktor pendukung yang dapat mempengaruhinya.
Dilansir dari laman thesightnews.com (24/6/2021) dalam World Drug Report tahun 2021, United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC) menyampaikan bahwa ada sekitar 275 juta orang menggunakan narkoba di seluruh dunia.
Terdapat beberapa tanda yang dapat kita lihat dari seseorang yang melakukan penyalahgunaan narkoba. Tanda tersebut bisa dilihat dari perilaku maupun dari gejala fisiknya. Dilansir dari indozone.com (8/7/2021) berikut beberapa tanda atau cirinya:
Perubahan Fisik
Perubahan fisik yang dirasakan oleh seorang penyalahguna narkoba, yaitu seperti terlihat lebih kurus, kulit pucat, mata merah dan kering, serta pupil membesar.
Menunjukkan Gejala Ketagihan
Seseorang yang menggunakan narkoba cenderung terlihat sangat lelah dan memiliki kondisi fisik yang kurang prima lantaran ia tidak dapat tidur selama berhari-hari. Dan juga mereka memiliki emosi yang kurang stabil, sehingga sering memicu keributan.
Sering Berbohong
Mereka kerap kali menyampaikan alasan yang dibuat-buat, karena itu mereka tidak dapat mengingat apa yang mereka sampaikan sebelumnya. Ucapan yang tidak konsisten dan sering berubah-ubah membuat mereka menghindari percakapan yang Panjang.
Mudah Sakit
Narkoba mengandung zat-zat berbahaya, jika disalahgunakan hal tersebut dapat menyebabkan daya tahan tubuh seseorang menurun. Hal tersebut membuat seorang penyalahguna narkoba menjadi lebih gampang terkena penyakit, diantaranya sering menderita flu, pilek, alergi, dan penyakit lainnya.
Ciri-ciri penyalahguna narkoba sulit untuk diketahui, bahkan tidak terlihat sama sekali. Hal ini dikarenakan penyalahguna narkoba akan sangat berusaha menyembunyikan bukti atau tanda-tanda penyalahgunaan mereka.

Kirim Tanggapan